Peralatan deck pada kapal cargo



oleh : Sandy Nugraha  21090114140080

 
Peralatan deck pada kapal cargo

Hatches (Cargo hold)
Cargo hold adalah tempat untuk pemadatan muatan diatas kapal, untuk itu konstruksi cargo hold harus watertight dari air laut maupun air hujan. Untuk menjamin watertight maka setiap cargo hold dilengkapi dengan hatch cover dan peralatan lashing yang terpasang pada atas hatch coaming .

Tinggi rendahnya hatch coaming ditentukan dengan loadline rule. Fungsi hatch coaming adalah untuk melindungi muatan dari pengaruh ombak air laut yang menerpa cargo hold.

Untuk membuka dan menutup hatch cover dapat digunakan tenaga hydrolic, electric atupun wire yang dihubungkan dengan winch. Untuk kapal bulk pada umumnya menggunakan sistem side rolling hatch cover, untuk kapal general cargo menggunakan system lift-off covers. Pada gambar dibawah terlihat gamabar cargo hold beserta nama bagian-bagiannya dari berbagai tipe kapal.













Pada gambar dibawah ini menjelaskan konstruksi cleats yang merupakan kelengkapan lashingan hatch cover yang harus dipasang sebelum kapal berlayar dan harus dibuka pada saat akan membuka hatch cover.









Komentar

Postingan Populer